Skip to main content

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru


Taman ini terletak di Jawa Timur yang menjadi salah satu tujuan wisata yang memiliki flora dengan ekosistem yang bagus sehingga pohon-pohon yang besar dan berusia ratusan tahun semisal cemara gunung, edelweiss, berbagai anggrek dan rumput langka maish terdapat di tempat ini.

Banyak juga satwa langka yang masih dilindungi di tempat ini. Ini semua menjadi salah satu daya tarik sehingga banyak orang yang ingin mengujungi tempat ini. Di tempat ini menjadi tempat favorit adalah pasir berbisik yang berupa padang pasir yang berada di ketinggian lebh dari duaribu mdpl, pasir berbisik bromo itu adalah kaldera raksasa bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekita 8 sampai 10 km.

Jadi ketika kita berada di hamparan pasir bromo sebenarnya kita sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif salah satunya gunung Bromo. Banyak sekali pengunjung yang datang ke taman nasional bromo ini untuk melihat matahari terbenam atau matahari terbit, tempat ini mampu menarik ribuan pengunjung tiap harinya, apalagi pada hari-hari liburan nasional.

Di sini juag disediakan oleh para penduduk setempat untuk menyewa kuda dan mobil sebagai salah satu fasilitas yang ada dan bisa digunakan oleh para pengunjung. Dikelilingi oleh hutan-hutan yang masih terjaga kehijauannya, konon katanya masih hidup suku tengger yang berasal dari pegunungan tengger yang juga secara tidak langsung menjaga terawatnya tempat ini.

Hidup berdampingan dengan alam menyebabkan penduduk setempat sangat menghargai keberadaan hutan pegunungan disekitarnya dan terlihat saling menghidupi satu dengan yang lainnya. Meskipuun begitu dengan dibukanya taman nasional bromo sebagai salah satu wisata tidak membuat penduduk lantas merasa terganggu malah menjadi salah satu tambahan untuk menjadi mata pencaharian.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di kawasan ini adalah menikmati gurun pasir yang sangat luas itulah mengapa tadi disediakan tempat sewa untuk menyewa mobil maupun kuda sebagai alat transportasi untuk mengelilingi kawasan taman nasional semeru.
Newest Post