Skip to main content

Gumuk Pasir Parangkusumo


Gundukan pasir yang terletak di kota Yogyakarta ini menjadi kebanggan warga setempat karena hanya ada beberapa tempat di dunia maka dari itu tempat ini menjadi salah satu tempat yang istimewa. Gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah besar, gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi gunung merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan. Dengan ketinggian ini gumuk pasir menjadi tempat yang cocok bagi yang suka melakukan standboarding.

Lokasinya yang terletak diantara pantai parangtritis dan pantai depok ini membuat gumuk pasir semakin menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika datang ke kota Yogyakarta, dan banyak sekali yang menarik perhatian para wisatawan. Gumuk pasir parangkusumo ini memiliki suhu yang cukup ekstrim di mana ketika siang suhu tempat ini sangat panas, terik namun ketika malam hari suhu berubah menjadi sangat dingin berbeda dari suhu tempat pada biasanya. Karena letaknya yang tidak jauh dari pantai parangtritis dan pantai depok wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, semisal toilet, tempat parker, klinik kesehatan, tempat beribadah, warung makan, took souvenir dan oleh-oleh.

Banyak juga pengetahuan yang bisa kita ambil ketika berkunjung ke tempat ini karena terdapat laboratorium dan museum yang berguna untuk kegiatan ilmiah. Sering disebut sebagai gurun sahara yang ada di Yogyakarta tak jarang membuat kuylit terasa menjadi lebih gelap ketimbang sebelum berkunjung ke tempat ini oleh karena itu disarankan untuk memkai sunblock ketika berkunjung ke gumuk pasir parangkusumo dan juga memakai topi ketika ada di sini. Indahnya tempat ini menjadi tempat yang membuat semua orang penasaran apalagi bagi yang suka travelling dan menyukai destinasi yang terletak di alam terbuka tempat ini sangat sesuai untuk dikunjungi apalagi bagi yang suka berfoto ria. Tempat ini sangat mudah ditemui karena tempatnya yang terletak di wilayah yang strategis sehingga kalau ingin menginap pun tersedia banyak penginapan.