Skip to main content

Taman Sari Yogyakarta


Tempat ini dulunya adalah bekas kebun yang dirawat pada zaman kekeratonan Yogyakarta masih ada dan sekarang dibuka untuk umum sebagai salah satu tempat wisata. Yogyakarta sejak zaman dahulu sudah menyuguhkan berbagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak orang baik itu dari dalam maupun luar negeri. Kekentalan masyarakat terhadap budaya jawa pun membuat daya tarik tersendiri untuk dapat menikmati liburan di kota Yogyakarta.

Taman sari yogyakkarta ini merupakan salah satu tempat rekreasi bagi para keluarga kerajaan pada masanya namun sekarang sudah menjadi tempat wisata dan tempat cagar budaya sejarah yang telah dilestarikan oleh pemerintah setempat dan penduduk pun merawat tempat ini dengan seksasama. Banyak tempat spot foto yang bisa kamu datangi jika masuk ke dalam wilayah taman sari ini alih-alih bisa berfoto ria karena tempat ini memiliki latar yang bagus dan ciamik jika dijadikan latar berfoto.

Ada danau buatan yang jika didatangi akan sangat menakjubkan, ada pasarean ledok sari juga yang menjadi salah satu tempat favorit ketika berkunjung ke taman sari. Konon katanya danau buatan ini sering digunakan oleh sang ratu untuk berendam dan mandi. Arsitektur yang langka dan konon mengambil dari budaya berbagai belahan dunia ini sungguh sangat menakjubkan dan menarik perhatian para pengunjung yang datang. Adanya masjid bawah tanah menambah keseruan tempat ini jika ditelusuri lebih dalam, di dalam mesjid ini terdapat satu sumur yang dikelilingi oleh lima tangga yang katanya melambangkan rukun islam.

Ketika ingin berkunjung ke taman sari ini alangkah lebih baiknya berkunjung ketika hari biasa dan bukan hari libur karena jika hari libur banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini entah sekedar berlibur atau memuaskan rasa penasaran terhadap isi dari taman sari yang dulunya bekas peninggalan kerajaan ini. Ada salah satu tempat sang raja dulu ketika makan dan jika kalian pergi ke tempat ini akan terasa menkajubkan karena dapat menikmati sunset dari tempat ini.